Revolusi Industri 1.0

IMG_5661

Revolusi industri pertama ditandai dengan dikembangkanya mesin uap oleh James Watt. Pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia mulai digantikan oleh mesin-mesin uap.

Industrialisasi berkembang dengan pesat. Produksi barang kebutuhan masyarakat bisa diproduksi dengan lebih mudah dan secara masal. Kemudian apakah kesejahteraan masyarakat meningkat dengan dikembangkannya mesin uap?

Dari catatan sejarah dapat kita ketahui bahwa penjajahan ketika revoulusi industri pertama terjadi masih banyak terjadi di belahan bumi. Jadi apakah revolusi Industri pertama memberikan kesejahteraan dan kebahagiaan kepada umat manusia?

Ataukah revolusi industri pertama hanya menguntungkan segelintir manusia dan menindas manusia lainnya? Entahlah, pertanyaan-pertanyaan berat macam ini tak bisa dijawab dalam tulisan-tulisan singkat macam ini.

Satu hal yang pasti, revolusi industri pertama mengubah cara-cara memproduksi barang yang secara langsung juga mempengaruhi pola-pola perekonomian dunia. Revolusi industri pertama memicu lahirnya revolusi industri lanjutan di tahun-tahun berikutnya.

Salam..
DiPtra

2 thoughts on “Revolusi Industri 1.0

Leave a comment