Hi, 12287..

Segera buka program Microsoft Excel di komputer Anda, Kemudian ketikkan formula di bawah ini pada cell B3,

=DATEDIF(B1,B2,”d”)

Pada cell B1 masukkan tanggal lahir Anda. Sedangkan pada cell B2 masukkan tanggal hari ini. Maka formula Excel di atas akan memberi tahu Anda jumlah hari yang sudah Anda lalui hingga detik ini. Owh iya untuk format penulisan tanggalnya mohon disesuaikan dengan settingan komputer masing-masing yaaa.

Dan sesuai dengan judul tulisan ini, maka hingga hari ini sudah 12287 yang sudah saya lalui. Banyak juga yaa, atau boleh dibilang sudah cukup berumur yaa.

Belakangan ini, dalam menulis jurnal, saya menuliskan nomor hari di bagian awal. Sebenarnya sih lebih mudah dan praktis menggunakan tanggal, bulan dan tahun. Tapi dengan menuliskan jumlah hari yang sedang dilalui seperti memberikan optimisme tersendiri dalam melalui hari. Bilangan hari itu seperti berbicara kepada saya bahwa ada kesempatan baru untuk dilalui dengan penuh rasa syukur.

Saya nulis ini sebenarnya untuk catatan pribadi mengenai fungsi Excel yang jumlahnya buaaanyaaak itu. Dan kurang kejaan banget kalo dihafalin semuanya, yaaa kan yaa kan? Sebelum tahu kalo ada formula penghitungan jumlah hari di Excel saya menggunakan layanan dari web daysold untuk menghitung jumlah hari.

Mengingat di tahun-tahun awal kerja saya begitu intens berinteraksi dengan formula-formula Excel, maka tadi pagi saya iseng kepikiran ada gak sih yaa kira-kira formula Excel untuk menghitung hari. Lhhooo yaa ternyata ada.

Gara-gara dulu teknik memanipulasi formula Excel lumayan jago sampe ke ranah Macro, maka saya suka menyebut diri saya sebagai Excel engineer. Tapi sekarang kemampuan bermain formula Excel itu memudar karena jarang dipakai.

Ternyata dalam dunia kerja kantoran tuh yaa, tools yang paling sering digunakan dan begitu powerful adalah Microsoft Excel, bukan Microsoft Word. Microsoft Word powerful kalo kita berprofesi sebagai penulis.

Jadi, kalo dirimu saat ini masih berada pada rentang masa studi dan kelak ingin menjajaki dunia kerja, sedikit saran dari saya pelajarilah Microsoft Excel. Enggak ada ruginya kok belajar tools ajaib ini huehuehue.

Yhaaa misalnya di dunia kerjamu ntar ndak butuh Excel, paling enggak kamu bisa melakukan budgetting dan planning biaya pernikahan menggunakan Microsoft Excel.

Tapi yaa gitu, sebelum membuat budgetting dan planning biaya pernikahan, mohon dipastikan dahulu calonnya sudah siap. Yhaa yhaa saya ndak membully lhoo yaa, hanya memaparkan opini.

Salam,
Wakil Kepala Kantor KUA Cabang Kutub Selatan

 

Advertisements

17 thoughts on “Hi, 12287..

  1. ternyata yang mulai menuliskan angka di judul jurnal engga cuma saya yaa, semenjak ganti buku jurnal saya mulai menuliskan nomor disetiap judulnya. Entah kenapa sepertinya asik juga kalau mengetahui sudah berapa lama hari yag dilalui bersama jurnal itu. Excel memang berguna banget yaaa di dunia kerjaa 😀

    Liked by 1 person

    1. Hehe iya seru juga kok memberi penanda di jurnal yang dibuat. Saya sih nyebutnya atribut. Jadi nih atribut yang saya gunakan dalam menulis jurnal,

      Judul
      tanggal
      jam mulai menulis
      jam tulisan selesai dibuat
      halaman
      nomor urut jurnal
      jumlah hari yang sudah dilalui.

      😁😁 Banyak juga yaak atributnya ternyata.

      Like

    1. Aheeeuuumm saran saya siih, jangan mas. Jangan ngasih nama anak dengan produk Microsoft, rawan diperkarakan nanti royaltinya. Saran saya sih kasih nama Minesweeper atau Solitaire saja.

      Liked by 1 person

  2. tulisan ini mengingatkan bahwa saya sudah tuaaa… hahahhaha
    okelah boleh juga pakai atribut supaya jurnalnya lebih ribut.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s