Hi Celcius

Baru saja beberapa teman mengabarkan temperatur udara di wilayahnya berada di bawah 20° celcius. Sedangkan di Malang mencapai suhu 14° celcius.

Pantas saja tak seperti biasanya ketika saya pulang ke Malang. Kali ini temperatur boleh dibilang cukup ekstrim.

Tidur di kamar lantai dua. Terbangun menjelang shubuh. Kaki serasa dibalur air es. Dingin menyusruk hingga ke tulang. Rupanya saya sudah tak terlalu kuat menanggung temperatur dingin.

Temperatur di bawah 20° celcius ini sukses membuat hidung saya bersin-bersin. Perlu waktu lebih lama lagi untuk beradaptasi dengan cuaca kota Malang.

Airnya jangan ditanya lagi. Tinggal dicampur serutan daging degan sudah jadi es degan. Tak berani mandi dipagi hari. Mending kruntelan selimut dan guling di kamar.

Untunglah saya dilahirkan dalam bentuk makhluk mamalia. Seandainya saja hadir di dunia melalui mekanisme pecahnya cangkang telur kura-kura, tentu saya sudah berhibernasi guna mengurangi pemborosan energi.

Kabarnya suhu dingin yang dialami di beberapa wilayah di Bumi ini terkait fenomena Bumi berada pada lintasan terjauh dari Matahari. Kemudian imajinasi saya berkhayal hingga jaman es. Bisa jadi kebekuan yang diderita bumi waktu itu karena radius perputaran Bumi mengelilingi Matahari begitu jauh.

Hmm rupanya khayalan saya itu sebatas khayalan saja. Ternyata Bumi mengalami jaman es karena proses pendinginan aerosol yang sering terjadi di Bumi.

Tahun 2007 disimpulkan pemicu dimulainya zaman es akibat meletusnya gunung Toba 75 ribu tahun yang lalu yang menyebabkan atmosfer dipenuhi debu sulfur vulkanik dalam jumlah besar, dan bumi mengalami penurunan suhu yang ekstrem.

-wikipedia-

Nah, ternyata Bumi mengalami jaman es karena atmosfer Bumi terselubungi oleh awan akibat letusan gunung berapi. Hal ini menyebabkan sinar Matahari tak bisa mencapai permukaan Bumi.

Bumi mengalami penurunan temperatur. Dataran dan lautan tertutup oleh es. Kemudian atlet ski mulai beraksi. Baskin Robin dan Es Kepal Milo mendadak tak laku di jaman es.

Seru juga kali yaa kalo jaman es terulang lagi. Heueheu…

Oke deh mari kita tonton video pendek dari film Ice Age. Selamat menonton..

Salam,

Monster Gunung Krakatau

Advertisements

5 thoughts on “Hi Celcius

  1. Situ dapet cuaca dingin yg biasanya kami dapet di inggris selatan , musim panas kami di sini biasa dg cuaca yg di bawah 20derajat bahkan di bawah 13 derajat. Tidak untuk tahun ini justru kebalikannya kami semena-mena dapat cuaca extrim di atas 20 derajat bahkan dalam 3bulan ini baru 1x turun hujan yg biasanya hujan dlm seminggu bisa 5x di musim panas. Kali ini Ingris selatan dan Inggris lainnya kepanasan bro 😂 28derajat tanpa hujan 😂

    Like

  2. Ya Allah rendah banget ya sampe 14 derajat. Seumur2 di Jakarta belum pernah sampe sedingin itu. Udah mirip di luar negeri banget ya mas 🙂 Semoga cuaca dingin ini gak terus menerus ya, sebab kita tetap butuh matahari demi menjemur baju seragam anak sekolah *emak2detected

    Like

  3. Ternyata ada ya hubungannya antara suhu dingin yang akhir2 ini terjadi dengan nut job ice age. Btw aku suka banget cuplikan film pendek yutub itu mas. Hahaha. Ketika lihat itu selalu inget sama manusia manusia serakah dengan harta dan makanan, mereka tidak pernah bahagia karena selalu ingin dan ingin lagi. Tanpa mau bersyukur. Dan ending dari cuplikannya nyesek banget wkakak, dikira syurga, eh ternyata pohon replika besi dan pada akhirnya nut terakhirnya hilang karena keserahaannya sendiri. Itu yang aku tangkep. Maaf terlalu serius ini yaa wkakaka.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s