Hi Gura Gura no Mi

Ahad tanggal 5 Agustus mendapat kabar pulau Lombok diguncang gempa berkekuatan 7 skala richter. Guncangan yang cukup kencang.

Dikabarkan berpotensi tsunami. Alhamdulillah tak sampai terjadi tsunami seperti di Aceh. Namun terjadinya gempa ini sudah cukup membuat ruang hati pilu.

Pintu-pintu untuk berdonasi memberikan bantuan kemanusiaan ramai dibuka. Pendaftaran untuk volunteer pun juga ada.

Terpecahnya jalanan di Lombok paska gempa

Beberapa sumber video yang saya lihat, ketika guncangan gempa terjadi, masyarakat semburat. Salah satu video yang saya lihat menampilkan semburatnya jama’ah shalat ketika gempa terjadi. Begitu mencekam.

Mau tak mau saya teringat apa yang digambarkan dalam surat Al-Zalzalah. Seperti itu dahsyatnya guncangan 7 skala richter. Entah bagaimana dengan guncangan menjelang kiamat?

Panik sepanik-paniknya. Lupa selupa-lupanya. Rasanya cuplikan kiamat kecil yang terjadi di Lombok mampu menghadirkan kesadaran tak selamanya kita hidup.

Di Lombok terjadi duka. Di Jakarta dan Palembang mulai persiap menyambut helatan Asian Games. Sebagian lagi saudara-saudara muslimin dan muslimat sedang menunaikan rangkaian ibadah haji.

Dalam sudut pandang lain, kejadian bencana alam seperti ini selalu menghadirkan rasa kemanusiaan. Sebuah rasa yang menggambarkan sebagai manusia kita sebenarnya satu kesatuan.

Derasnya rasa persaudaraan dan kemanusiaan ini menyentak kesadaran baru. Betapa konyolnya polarisasi orang-orang Indonesia karena politik.

Kondisi Rumah Sakit Universitas Mataram paska gempa

Semoga Tuhan tidak memberi “sentilan” yang lebih kencang lagi. Amiin.

Salam,

Edward Newgate

Advertisements

6 thoughts on “Hi Gura Gura no Mi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s